Bimbingan Konseling

Visi & Misi

Visi

Visi Unima

“Unima Unggul dan Inovatif Berdasarkan Mapalus”

Visi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Pada tahun 2024 menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan yang Inovatif, Produktif, dan Unggul berdasarkan Mapalus, untuk pengembangan ilmu pendidikan dan psikologi dalam menghasilkan sarjana pada bidang PGPAUD, PGSD, BK, PLS, PKh, dan Psikologi

Visi Keilmuan Bimbingan Konseling

Menjadi Prodi Bimbingan dan Konseling Yang Berlandaskan Teori & Nilai Humanisme untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif dan produktif

Misi

Misi Unima

(1) Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dalam bidang kependidikan dan non kependidikan; (2) Mewujudkan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan dalam menghasilkan inovasi bagi pengembangan IPTEK dan pemecahan masalah pembangunan; (3) Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui transfer ilmu pengetahuan dan difusi hasil teknologi; (4) Mewujudkan tata kelola universitas yang baik, (university good governance) berbasis teknologi, informasi dan komunikasi; (5) Memperkuat pilar-pilar karakter dalam meningkatkan integritas berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Misi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

(1) Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dan unggul dalam bidang kependidikan dan non kependidikan. (2) Mewujudkan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan dalam menghasilkan inovasi bagi pengembangan IPTEKS dan pemecahan masalah pembangunan melalui Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. (3) Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui transformasi ilmu pengetahuan dan difusi hasil hasil penelitian dan teknologi. (4) Mewujudkan tata kelola Fakultas Ilmu Pendidikan yang baik (Faculty good govermance) berbasis teknologi informasi dan komunikasi. (5) Memperkokoh pilar-pilar karakter dalam meningkatkan integritas kejatidirian berlandaskan Pancasila.

Misi Keilmuan Bimbingan Konseling

(1) Menjunjung tinggi nilai humanisme dalam pendekatan konseling, dalam hal ini lulusan program studi BK mampu memahami masalah yang ada di Masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman. (2) Mampu berkomunikasi dengan baik, Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Bimbingan dan Konseling yang menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dengan baik, terutama terhadap klien yang mengalami masalah broken home, bulling dan pelecehan seksual dalam lingkup sekolah maupun masyarakat. (3) Mampu berkolaborasi, dalam hal ini program bimbingan konseling mampu menghasilkan lulusan yang dapat membangun kolaborasi dengan guru mata Pelajaran,orang tua siswa, wali kelas, Masyarakat dan pihak lain dalam rangja menyelenggarakan layanan bimbingan konseling. (4) Mampu memecahkan masalah, program bimbingan konseling mampu menghasilkan lulusan yang dapat memecahkan masalah-masalah terutama dalam setting Pendidikan baik masalah secara langsung maupun masalah yang mungkin terjadi di dunia maya

Tujuan

Tujuan Unima

(1) Tersedianya penyelenggaraan pendidikan yang bermutu tinggi, efisien, efektif, dan terjangkau bagi masyarakat. (2) Tersedianya program pendidikan dan jaminan kepastian layanan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. (3) Tersedianya lulusan pendidikan baik akademik, vokasi, maupun profesi yang profesional, memiliki keunggulan, dan daya saing yang dilandasi oleh rasa tanggung jawab terhadap kehidupan bersama, jujur, disiplin, dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. (4) Menghasilkan penelitian-penelitian yang bermutu dan unggul dalam mendukung pembangunan masyarakat, pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi. (5) Termanfaatkannya temuan-temuan kreatif dan inovatif dari berbagai disiplin ilmu baik dalam rangka pembangunan pendidikan maupun pemberdayaan masyarakat melalui transfer dan difusi teknologi.

Tujuan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

(1) Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dan unggul dalam bidang kependidikan dan non kependidikan. (2) Mewujudkan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan dalam menghasilkan inovasi bagi pengembangan IPTEKS dan pemecahan masalah pembangunan melalui Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. (3) Mewujudkan lulusan Pendidikan dan psikologi yang unggul, memiliki kemapuan transformasi ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. (4) Mewujudkan penelitian - penelitian bermutu, inovatif, berbasis ilmu Pendidikan dan Psikologi untuk mendukung Pembangunan masyarakat. (5) Mengembangkan kajian ilmu pendidikan karakter secara holistik (lingkup tata kelola dan pembelajaran) untuk menumbuhkan integritas dan kapasitas seluruh warga FIPP Unima.

Tujuan Keilmuan Bimbingan Konseling

(1) Menghasilkan lulusan yang dapat bekerja di dunia kerja yang relevan dengan latar belakang pendidikan BK yang menjunjung tinggi nilai humanisme. (2) Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling. (3) Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling yang mampu menyelenggarakan layanan BK berbasis multikultur dan teknologi pada setting pendidikan dan masyarakat. (4) Memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi akademik dan non akademik pada tingkat lokal, wilayah, dan nasional. (5) Menghasilkan produk riset yang dapat digunakan oleh stakeholder. (6) Menghasilkan berbagai bentuk kemitraan dengan stakeholder, dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional. (7) Menghasilkan berbagai bentuk kepedulian sosial (social responsibilities) terutama bagi masyarakat profesi bimbingan dan konseling.

Sasaran

Sasaran Unima

(1) Terbangunnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan visi. (2) Terbangunnya sistem tata laksana good university governance yang mendapat pengakuan nasional dan internasional secara berkesinambungan. (3) Terselenggaranya penelitian dan penulisan hasil kerjasama internasional serta pemerolehan Hak atas Kekayaan Intelektual(HaKI) di berbagai Negara (4) Terlaksananya sistem pembelajaran berstandar nasional dan dunia yang berakar pada keungggulan lokal yang semakin baik. (5) Terciptanya keunggulan akademik berbasis MAPALUS yang berstandard internasional. (6) Terselenggaranya pengelolaan adminsitrasi dan pembelajaran berbasis sistem informasi dan teknologi informasi yang semakin baik dan terintegrasi. (7) Terciptanya kampus hijau yang nyaman sebagai rumah akademik. (8) Terinternalisasinya budaya empati dan pengabdian kepada masyarakat. (9) Terciptanya civitas akademika dan tenaga kependidikan yang mampu bersaing dalam tataran global.

Sasaran Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

(1) Menghasilkan lulusan kependidikan dan non kependidikan yang mandiri dan cerdas dengan kualitas unggul, inovatif dan kompetitif sebagai penyelenggaraan pendidikan yang bermutu tinggi, efisien, efektif, dan terjangkau bagi masyarakat. (2) Meningkatnya akreditasi program studi di ekosistem FIPP Unima untuk mendapatkan pengakuan secara nasional dan persiapan pengakuan secara internasional. (3) Meningkatnya aktivitas dan kualitas penelitian sesuai dengan arah kebijakan penelitian universitas yang bermuara pada meningkatnya jumlah publikasi nasional dan internasional, serta pemerolehan HAKI/Paten; (4) Terselenggaranya program pendidikan dan non kependidikan yang relevan dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat; (5) Terselenggaranya sistem pendidikan berbasis keunggulan lokal yang berdaya saing global (6) Meningkatnya mutu layanan akademik; pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dan pembimbingan yang bermuara pada peningkatan kualitas mahasiswa; (7) Terselenggaranya lingkungan kampus yang memiliki kesadaran untuk menciptakan kampus hijau dan nyaman; (8) Meningkatnya aktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat secara melembaga yang berbasis inovasi dan hasil-hasil penelitian; (9) Terlaksananya sistem manajemen yang terintegrasi yang didukung oleh teknologi informasi.

Kejelasan VMTS UPPS

Deskripsi

Mekanisme revitalisasi dan reaktualisasi visi dan misi FIPP Unima dilakukan melalui kajian dalam bentuk evaluasi diri. Evaluasi diri dilakukan pada setiap menyusun Renstra baik RPJP maupun Renstra lima tahunan. Evaluasi diri dilakukan untuk mengetahui posisi eksiting (existing conditions) Unima yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (KKPA) yang akan dihadapi. Dari analisis KKPA tersebut dirumuskan nilai-nilai rujukan yang menjadi cita-cita yang akan dituju sebagai visi baru FIPP Unima. Hasil analisis KPPA tersebut menunjukkan isu-isu strategis yang dihadapi Unima, dan sekaligus menjadi acuan dalam menyusun rencana strategis pengembangan Unima pada setiap tahapan Renstra FIPP Unima.

VMTS yang Visioner

VTMS FIPP Unima memiliki pandangan yang visioner dengan mengikuti perkembangan Teknologi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang adaptif dan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEKS, agar dapat mendorong terwujudnya pendidikan yang Unggul, Inovatif dan Kompetitif secara nasional dan untuk mempersiapkan world class faculty.

Kerealistikan VTMS UPPS

VTMS FIPP Unima dalam proses penyusunannya memperhatikan tingkat kerealistikan yang sangat jelas, hal ini dilihat dari tahapan penyusunannya, sebagai berikut: (1) Penyusunan VTMS berdasarkan dari hasil analisis Internal dan Eksternal, sehingga VTMS yang tersusun dapat dilaksanakan oleh FIPP Unima dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan pengguna lulusan. (2) VTMS FIPP Unima dapat direalisasikan karena indikator dari VTMS terukur, yang nampak dari adanya dukungan dari pihak Unima, baik dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana, keuangan dan sistem informasi yang ada melalui adanya ajuan pembiayaan tentang Rencana Pengembangan Fakultas disetiap tahunnya.